Goa Kiskendo

Yogyakarta memiliki banyak daerah yang menyimpan banyak arah wisata yang indah. Salah satu daerahnya yaitu ada didaerah Kulon Progo. Ada beberapa macam wisata alam yang ada di Kulon Progo yang dapat beberapa wisatawan nikmati pesona keindahannya. Salah satu wisata alamnya yaitu Goa Kiskendo.

Spot asyik dan Instagenic di Pule Payung

Goa Kiskendo ialah goa yang ada di pegunungan menoreh. Goa ini berada di atas ketinggian 1200 m dari permukaan laut dan berada di tengahnya rimba, tetapi rimba itu sudah jadi perkampungan dan jalan pilihan. Kondisi yang ada di Goa Kiskendo ini betul-betul sejuk dan dingin. Goa Kiskendo ini diketahui pada tahun 1820, lalu pada tahun 1964 goa ini buat jadi jadi wisata religi. Seterusnya pada tahun 1974-1975 Dinas Pariwisata Yogyakarta tingkatkan Goa Kiskendo jadi object wisata yang diurus dengan resmi. Goa ini diresmikan pada tahun 1979.

The Lost World Castle Cangkringan Yogyakarta

Asal-usul dari Goa Kiskendo menurut mitos yang dipercayai masyarakat yaitu satu kerajaan guwa kiskenda yang di memimpin oleh Prabu Mahesasura yang disebutkan saudara seperguruan dari Jatasura dan Patih Lembusura yang disebutkan adiknya. Menurut mitos, mereka berdua ialah makhluk yang mempunyai potensi sakti. Mahesasura dilukiskan dengan makhluk berkepala kerbau dan lembusura dilukiskan dengan makhluk berkepala sapi yang keduanya memiliki tubuh manusia yang tinggi dan besar.

Ayunan Langit Waturajan

Tetapi walau mereka memiliki kekayaan dan kejayaan, mereka memiliki ciri-ciri yang tamak dan sombong yang selanjutnya daat mengakibatkan kerusakan mereka sendiri. Prabu Mahesasura yang rasakan bisa menaklukkan raja keturunan dewa, memerintah adiknya Lembusura untuk melamar Dewi Tara yang disebutkan wanita cantik dari Bathara Indra. Tetapi Dewi Tara tidak terima lamarannya dan membuat Prabu Mahesasura dengan Lembusura rasakan terhina dan mengakibatkan kerusakan Kahyangan sekejap Dewi Tara dibawa ke bumi.

Anne Blog © 2018 Frontier Theme