Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Sendiri

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Sendiri – Bersihkan AC mobil sendiri sesungguhnya gampang-gampang susah untuk dikerjakan. Hal semacam ini karena tidak semuanya komponen dari rangkaian AC mobil bisa dibongkar serta dibikin bersih oleh kita yang pemula pada bebrapa sisi AC mobil. Tetapi bila tidak dibikin bersih dengan benar, aliran udara pada AC juga akan jadi cepat kotor. Mengakibatkan, AC mobil berbau, perform mendinginkan kabin dapat juga alami penurunan.

Satu diantara komponen paling utama dari AC mobil yaitu evaporator. Komponen ini mempunyai bentuk kotak serta berperan turunkan suhu udara yang melaluinya supaya suhu tetaplah dingin. Evaporator mempunyai bentuk ruangan yang berliku, hingga bila berlangsung pengendapan kotoran jadi sistem pendingian udara juga akan tidak maksimum. Tanda-tandanya yaitu AC yang berbau atau apek sampai hembusan blower merasa makin melemah.

Umumnya, AC mempunyai satu lubang untuk mengisap udara yang juga akan masuk ke jalur aliran AC. Serta biasanya, lubang udara itu juga akan terdapat dibawah dashboard mobil serta cukup rendah, sampai rentang mengisap debu atau udara kotor dari karpet mobil. Walau sebagian AC mobil di desain untuk menempatkan filter udara, tetapi kotoran yang terhisap masuk ke aliran udara AC mobil terkadang tidak terhindar. Hal semacam ini yang lalu buat evaporator menumpuk kotoran.

Karna argumen itu, jadi begitu perlu untuk melindungi kebersihan udara kabin serta karpet mobil anda. Perawatan pada AC harus juga teratur dikerjakan supaya penyumbatan udara tidaklah sampai mengakibatkan kerusakan komponen yang menyebabkan mesti dikerjakan pergantian. Tetapi bila anda tidak bisa lakukan perawatan AC mobil di bengkel, anda bisa coba mengerjakannya sendiri dengan memakai cairan pembersih evaporator AC mobil aftermarket yang banyak di jual di market.

CARA BERSIHKAN EVAPORATOR AC MOBIL
Untuk bersihkan evaporator dengan memakai cairan pembersih, ada beberapa langkah umum yang bisa anda kerjakan. Tersebut langkah-langkahnya.

Buka Filter AC Mobil Anda
Untuk langkah awal, matikan mobil anda terlebih dulu. Lalu mencari tempat lubang hisap udara AC serta letak filter udaranya. Bila AC mobil yaitu bawaan pabrik, jadi anda bisa mencarinya di buku panduan mobil anda. Umumnya, filter AC mobil ini terdapat di sekitaran atau di belakang glove box. Cermati langkah buka filter yang berada di manual book supaya tidak mengganggu kehadiran komponen AC yang lain. Sesudah dilepaskan, cermati apakah filter masih tetap bersih atau telah kotor serta mesti ditukar.

Setelah itu, kocok kaleng spray cairan pembersih evaporator yang telah anda sediakan terlebih dulu. Lantas sisipkan selang sprayer supaya bisa mendekati blower AC. Maksudnya yaitu supaya foam yang juga akan disemprotkan nanti terukur dengan benar ke sisi blower.

Nyalakan serta Setting AC Mobil
Bila anda telah bisa memposisikan spray sampai siap untuk menyemprot ke blower, jadi nyalakan mesin mobil anda. Lalu nyalakan AC serta setting dengan suhu paling dingin dan udara atau tiupan blower paling kencang. Bila mobil anda double blower, nyalakan dengan juga setting yang sama. Janganlah lupa untuk buka semuanya kisi-kisi atau ventilasi AC dan jendela mobil anda.

Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator
Sesudah semuanya siap serta yakinkan selang semprotan sprayer telah pas menghadap ke blower, jadi semprotkan cairan pembersih sampai habis. Cairan pembersih evaporator ini juga akan berupa foam waktu dipakai. Bila waktu menyemprotkan cairan ini keluar air dari ventilator AC mobil anda, jadi biarlah saja. Sesudah foam cairan pembersih disemprotkan sampai habis, jadi biarlah saja AC serta mobil menyala sekitaran 10 sampai 15 menit. Disamping itu, anda bisa bersihkan air yang keluar dari ventilator itu.

Bila AC anda dalam keadaan normal, cuma kotor saja serta tak ada rusaknya, jadi AC juga akan merasa lebih dingin sesudah evaporator dibikin bersih dengan langkah tersebut. Kotoran-kotoran yang menyumbat juga akan keluar dengan tetesan air yang terbuang dari pipa AC dibawah mobil anda.

Updated: February 13, 2018 — 12:11 pm
Anne Blog © 2018 Frontier Theme